Catatan Konferkab

img
Andi Panjaitan, Pemred Harian Momentum.

MOMENTUM-- Tampuk kepemimpinan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pada beberapa kabupaten di Provinsi Lampung berganti.

Setidaknya, sudah empat konferensi kabupatan/ kota terlaksana dalam dua bulan terakhir. Diawali Kota Metro pada 15 Februari 2021.

Dalam lembaga permusyawaratan tertinggi di tingkat PWI kota itu, Rino Panduwinata terpilih sebagai ketua—menggantikan Abdul Wahab.

Kemudian berlanjut ke Tulangbawang pada 22 Februari. Di kabupaten berjuluk Sai Bumi Nengah Nyappur ini, Abdul Rohman berhasil terpilih kembali menjadi nakhoda periode 2021-2024.

Hal serupa terjadi di Kabupaten Lampung Timur (Lamtim). Musannif Effendi Yusnida kembali terpilih menjadi ketua untuk kali kedua, dalam konferkab VI pada 4 Maret 2021.

Menariknya, acara yang diselenggarakan di Gedung Pusiban Pemkab Lamtim itu sangat istimewa. Dibuka langsung oleh Bupati Dawam Rahardjo dan ditutup Wakil Bupati Azwar Hadi.

Di Kabupaten Lampung Utara (Lampura), M Rozi Ardiansyah terpilih menggantikan Jimi Irawan yang sudah dua periode memimpin organisasi profesi wartawan tertua di Indonesia ini.

Meski tidak menghadirkan pejabat daerah setempat, konferkab VII di kabupaten yang resmi terbentuk pada 15 Juni 1946 itu paling istimewa. Kenapa?

Pertama, panitia pelaksana paling siap. Protokol kesehatan (Prokes) sangat diperhatikan di tempat ini. 

Bayangkan, untuk sekedar pembungkus mikropon saja, panitia berulang kali menukarnya setiap pergantian orang. Bahkan sampai disemprot memakai disinfektan.

Kemudian disiplin. Laporan pertanggungjawaban yang dibacakan pengurus terdahulu, sangat lengkap. Lebih detail dibandingkan tiga konferkab sebelumnya.

Suasananya juga lebih hidup. Meski sempat terjadi adu argumentasi yang cukup memacu adrenalin dalam proses sidang, tetapi kembali mencair begitu acara berakhir.

Terakhir. Saat menuju lokasi konferkab rombongan pengurus PWI didampingi mobil polisi patroli dan pengawalan (Patwal). 

Konferkab pada empat kabupaten/ kota itu berjalan lancar. Aman. Tidak ada kerusuhan, apalagi sampai menimbulkan korban. Mereka berempat juga terpilih secara aklamasi.

Dalam waktu dekat, tepatnya 29 Maret 2021, acara serupa juga akan dilaksanakan di Kabupaten Pesisir Barat. 

Kemudian disusul lima kabupaten lainnya; Waykanan, Mesuji, Pesawaran, Pringsewu dan Lampung Barat. Meski belum terjadwal, tapi dipastikan selesai pada September 2021.

Sebab, pada Oktober 2021 akan dilaksanakan Konferensi PWI tingkat Provinsi (Konferprov). 

Agenda terbesar di tingkat pengurus kabupaten dan provinsi itu diharapkan terlaksana dengan baik. Tanpa ada kericuhan.

Meski anggotanya berasal dari beragam media, tapi tetap satu visi dalam berorganisasi. Sesuai namanya: Persatuan Wartawan Indonesia! (**)






Editor: Harian Momentum





Berita Terkait

Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos