Harga Cabai dan Bawang Merah di Kotabumi Melonjak

img
Suasana di Pasar Pagi Kotabumi

MOMENTUM, Kotabumi--Harga cabai dan bawang merah di Kotabumi Lampung Utara melonjak naik. Bahkan, kenaikan sudah terjadi lebih dari dua pekan.

Pantauan harianmomentum.com, Sabtu (18-6-2022), harga cabai yang sebelumnya hanya Rp40 ribu perkilogram kini mencapai Rp80 ribu perkilogram.

Begitu pula dengan harga bawang merah saat ini mencapai Rp55 ribu perkilogramnya. Padahal sebelumnya hanya Rp30 ribu perkilogram.

Sedangkan untuk bawang putih, pedagang banyak yang beralih ke komoditas impor dengan harga Rp20 ribu perkilogram.

Salah satu pedagang di Pasar Pagi Kotabumi, Bella (30) mengatakan, kenaikan tersebut sudah berlangsung cukup lama. Berdasarkan keterangannya, pihak pemerintah daerah melalui Dinas Perdagangan belum pernah turun kelapangan.

Kenaikan berbagai harga bahan pokok belakangan ini sangat mempengaruhi minat beli pelanggannya, sehingga omset penjualannya ikut turun drastis.

"Sudah hampir setengah bulan lebih bang harga cabai, bawang, naik semua harga-harganya. Dinas Perdagangan belum pernah turun sampai hari ini, enggak tau juga kenapa," kata Bella.

Masih kata dia, kenaikan harga kali ini dianggap yang paling luar biasa dibandingkan dengan momen lebaran kemarin. Baik pedagang, maupun pembeli sama-sama terkena dampak yang sangat besar. Pedagang kesulitan untuk menjajakan dagangannya, sedangkan pembeli yang rata-rata kaum emak-emak terpaksa mengakali jumlah pembelian mereka sehari-hari, yang biasanya sanggup membeli sekilo kini mereka hanya beli setengahnya.

"Modal kita belanja sekarang harus dua kali lipat karena kenaikan sudah sampai seratus persen. Omzet pun sekarang berkurang drastis, ngabisin dagangan sekarang agak lama, dan itu berpengaruh pada bobot dagangan yang berkurang," keluhnya.

Ia bersama pedagang lainnya berharap Pemkab Lampura dapat mencarikan solusi untuk menstabilkan kembali harga-harga bahan pokok, mengingat saat ini kondisi keuangan masyarakat masih sulit ditengah pandemi

Ditempat yang sama, salah satu warga yang sedang berbelanja, Rina (45) mengeluhkan lonjakan harga bahan pokok dipasar. Selain harus memikirkan dapur, Ia juga harus memutar otak memikirkan keperluan keluarga dirumah. Ia berharap kondisi ini dapat segera dibenahi dan kembali normal harga-harga bahan pokok, mengingat komoditas yang merangsek naik merupakan kebutuhan sehari-hari.

"Ya minta tolong lah sama Pemerintah, stabilkan lagi harga kebutuhan dapur, kalau kayak gini terus bisa ngejerit kami emak-emak ini," tuturnya.

Sementara, Kadis Perdagangan Lampura saat akan dikonfirmasi awak media belum memberikan respon terkait lonjakan harga bahan pokok dipasaran. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos