Cegah Lakalantas, Dishub Lambar Sosialisasikan Zoss

img
Suasana Zona Selamat Sekolah (Zoss) pada lingkungan sekolah di Kabupaten Lampung Barat.

MOMENTUM, Liwa--Sebagai langkah antisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas (Lakalantas), Dinas Perhubungan (Dishub) Lampung Barat menyosialisasikan Zona Selamat Sekolah (Zoss) kepada pengguna jalan lintas Liwa, Selasa (19-7-2022).

Sosialisasi tersebut dipusatkan di depan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Liwa yang telah memulai kembali kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dishub Lambar, Junaidi Jamsari mengatakan, personel melakukan sosialisasi berupa imbauan humanis kepada pengguna jalan di wilayah setempat. Khususnya, kepada orangtua murid atau wali murid yang tengah mengantar atau menjemput anaknya sekolah.

"Sosialisasi ini terkait dengan pemahaman pengguna jalan untuk mematuhi rambu-rambu dan markas yang ada di lingkup Zoss," katanya.

Pada kesempatan tersebut, dia mengimbau agar masyarakat atau orang tua untuk menaati rambu-rambu yang ada di lingkup Zoss. "Salah satunya yakni tidak dikenankan mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi," ujar dia.

Selain itu, disosialisasikan juga mengenai fungsi marka penyebarangan dan marka larangan parkir.

"Kita tau posisi MTsN Liwa tepat dipinggir jalan lintas, untuk itu pentingnya masyarakat memahami tentang rambu dan marka jalan agar terhindar dari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti lakalantas," terang dia.

Pada pelaksanaan, lanjut Junaidi, personel Dishub juga memberikan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya membantu anak didik atau murid MTsN Liwa menyebrang dimarka yang disediakan, yaitu zebra cross.

"Semoga sosialisasi yang terfokus langsung di jalan raya ini dapat meniadakan resiko kecelakaan lain bagi pengguna jalan. Mudah-mudahan pengguna jalan dapat memahami arti dan manfaat Zoss untuk kepentingan dan keselamatan anak sekolah pada khususnya dan pengguna jalan pada umumnya," pungkas Junaidi. (**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos