Demo ke PN Kalianda, Ratusan Warga Desa Tarahan Desak Kades Dibebaskan

img
Demo ke PN Kalianda, Ratusan Warga Desa Tarahan Desak Kades Dibebaskan. Foto: Boby

Harianmomentum--Ratusan warga Desa Tarahan, Kecamatan Katibung, Lampung Selatan (Lamsel), berunjuk rasa di depan Gedung Pengadilan Negeri (PN) Kelas II Kalianda, Selasa (3/10).


Mereka menuntut agar Kepala Desa (Kades) setempat, Junaidi dibebaskan. Alasannya, kades menjadi korban kriminalisasi dan rekayasa atas kasus perusakan gorong-gorong dengan pelapor Baharudin Bin Hasanudin alias Baron beberapa waktu yang lalu.


Rudi Khaidir selaku Koordinator Lapangan mengatakan, pihaknya menuntut agar penegak hukum yaitu hakim dan Jaksa Penuntut Umum (JPU) mencabut dan membebaskan kades mereka.


"Kami atas nama warga Desa Tarahan, berharap agar pihak pengadil bisa menegakkan supremasi hukum dengan seadil-adilnya. Kasus perusakan yang didakwakan kepada kades kami harus segera dicabut dakwaannya," katanya.


Dijelaskannya, laporan yang dibuat oleh Baharudin alias Baron tidak benar. Sebab, lokasi tersebut adalah sungai milik negara yang dirusak oleh PT. Tanjung Selaki. Tanah tersebut berbatasan dengan tanah milik masyarakat, bukan milik PT Tanjung Selaki.


Aksi massa tersebut mendapat pengawalan ketat aparat kepolisian, dengan menerjunkan 1 pleton anggota Satuan Sabhara Polres Lamsel, dibantu puluhan anggota Polsek Kalianda.


Diketahui, Kades Tarahan, Junaidi, dilaporkan oleh Baharudin Bin Hasanudin ke Polres Lamsel tahun 2015 lalu atas dugaan melakukan perusakan gorong-gorong di area milik PT. Tanjung Selaki.


Padahal, pembongkaran gorong-gorong itu dilakukan atas tuntutan warga yang selalu kebanjiran. Gorong-gorong tersebut dibongkar karena lebarnya kurang lebih 2 meter dan tidak sesuai dengan lebar Kali Gerabak yang 12 meter.


Sehingga, apabila arus kali deras, air akan menumpuk dan banyak sampah yang menutupi gorong-gorong. Hal inilah yang kerapkali menyebabkan banjir. Oleh sebab itu warga menuntut agar gorong-gorong tersebut dibongkar. (bob)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos