Kapolda Perintahkan Propam Antisipasi Anggota Polisi Tak Netral pada Pemilu 2019

img
Kapolda Lampung saat membuka kegiatan Binteknis Propam. Foto: ist

Harianmomentum.com--Kapolda Lampung Irjen Pol. Purwadi Arianto memerintahkan Bidang Profesi dan Pengamanan (Bidpropam) untuk mengantisipasi keberpihakan anggota Polri dalam pelaksanaan pemilu 2019.

Guna menjaga netralitas Polri pada pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan legislatif (Pileg) 2019, Bidpropam Polda Lampung menggelar Bimbingan Teknis Fungsi Profesi dan Pengamanan  (Binteknis Propam) di Bandarlampung pada Selasa (13/11/2018).

Acara bertajuk "mewujudkan propam yang promoter guna mensukseskan pengamanan  Pilpres dan Pileg pada Pemilu tahun 2019" itu dibuka langsung oleh Kapolda Purwadi Arianto.

"Kegiatan ini memiliki nilai yang sangat penting sebagai salah satu upaya dalam menyamakan presepsi," kata kapolda dalam sambutannya.

Kapolda menjelaskan, tugas pokok Propam yakni membina dan menyelengarakan fungsi pertanggungjawaban profesi dan pengamanan internal.

"Jadikan acara ini sebagai momentum guna mempelajari serta memahami materi terkait netralitas Polri pada Pileg dan Pilpers. Sehingga nantinya pelangaran dalam bentuk keberpihakan anggota kepada satu calon dapat diantisipasi," ucapnya.

Pada kesempatan itu juga, kapolda memberi penekan terkait beberapa hal penting yang harus dilaksanakan setiap anggotanya jelang dan saat dimulainya pesta demokrasi.

"Lakukan pengawasan secara melekat dalam pengamanan Pemilu. Jangan melibatkan anggota yang bermasalah dalam kegiatan pengamanan," tegasnya.

Kapolda melanjutkan, tingkatkan kerja sama dan sinergi dengan seluruh stakeholders.

"Berikan pembekalan pengetahuan terhadap anggota mengenai aturan Pilek dan Pilpers," ujarnya.

Selanjutnya perhatikan prosedur dan pengawasan penggunaan senjata api (senpi).

"Percepat proses penyelesaian garplin (pelanggaran disiplin) dan kode etik profesi," jelasnya.

Terakhir para kepala satuan wilayah (Kasatwil) diperintahkan kapolda untuk mengingatkan seluruh jajarannya agar tidak melakukan pelangaran di media sosial.

"Jaga sinergitas antara TNI dan Polri. Yang terpenting, jaga netralitas dalam Pileg dan Pilpers," tutupnya. (acw)







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos