JCH Lamsel Tertua 94 Tahun

img
Plt Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto membuka Manasik Haji tahun 2019

Harianmomentum.com--Tahun ini jemaah calon haji (JCH) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) yang akan berangkat ke tanah suci Mekah, berjumlah 399 orang. Rinciannya: 189 orang laki-laki dan 210 perempuan.

Hal tersebut dikatakan  Kepala Kantor Kementerian Agama Lasmel Juanda Naim dalam laporan pembukaan manasik haji kabupaten setempat, Rabu (19-6-2019). Kegiatan yang berlangsung di Aula Sebuku, Gedung PKK kabupaten setempat itu dibuka Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lamsel Nanang Ermanto.

"Jemaah haji tertua berusia 94 tahun atas nama Kartobi dari Kecamatan Penengahan. Sedangkan yang termuda berusia 22 tahun atas nama Sofiatul Af Idah juga dari Kecamatan Penengahan," kata Naim.

Dia menerangkan, tujuan manasik haji tersebut memberikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan bagi calon jamaah haji.

"Melalui manasi ini kita memberikan pemahaman kepada seluruh jemaah calon haji tentang tata cara dan aturan pelaksanan ibadah haji. Termasuk  aturan keberangkatan, pemondokan di tanah suci dan proses pemulangan ke tanah air," terangnya.

Plt Bupati Lamsel Nanang Ermanto dalam sambutanya meminta para JCH untuk memahami seluru materi yang disampaikan dalam manasik tersebut.

"Pahami seluruh materi yang disampaikan, agar pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan lancar sesuai aturan dan ajaran agama Islam," pintanya.

Nanang juga mengingatkan kepada para JCh untuk senantiasa menjaga kondisi kesehatan tubuh.

"Ibadah haji menuntu kondisi fisik yang prima. Karena itu, selalu jaga kesehatan agar saat berangkat, selama pelaksanaan ibadah dan pulang kembali ke tanah air, bisa berjalan lancar tanpa hambatan," imbaunya. (alp)





Leave a Comment