Bulog Lampung: Stok Beras Cukup untuk Lima Bulan

img
Kepala Humas Kanwil Perum Bulog Lampung Rafki Ismael

MOMENTUM, Bandarlampung--Perum Bulog (Badan Urusan Logistik) Kantor Wilayah (Kanwil) Lampung memastikan stok beras cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan Ramadhan.

Kepala Humas Kanwil Bulog Lampung Rafki Ismael mengatakan, stok beras itu bukan hanya cukup untuk bulan Ramadhan, tapi juga hingga lima bulan mendatang.

"Untuk stok beras cukup sampai dengan lima bulan kedepan, termasuk juga untuk kebutuhan bulan Ramadan," kata Rafki kepada Harianmomentum.com melalui sambungan telepon, Rabu (22-4-2020).

Menurut Rafki, stok beras akan terus bertambah seiring musim panen padi yang masih berlangsung di beberapa daerah.

"Musim panen masih terus berlangsung di beberapa kabupaten dan kita (bulog) terus menyerap beras dari hasil panen petani," terangnya.

Meski demikian, dia enggan menyebut berapa besaran jumlah stok bahan kebutuhan pangan tersebut. "wah kalau untuk detail, nggak bisa kami sampaikan karena data pangan," kilahnya.

Selain beras, bulog juga memastikan stok beberapa bahan kebutuhan pokok laiya: gula pasir, minyak goreng dan tepung terigu, cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di bulan Ramadhan.

Walau begitu, menurut dia, bulog tidak bisa melakukan operasi pasar  untuk menjaga stabilitas harga menjelang bulan Ramadhan.

"Sesuai imbauan Kapolri selama kondisi luar biasa (dampak COVID-19) diminta untuk tidak melakukan pengumpulan massa, maka bulog terpaksa menghentikan kegiatan operasi pasar," terangnya.

Untuk menjaga stabilisas harga,  bulog akan mengoptimalkan penyaluran bahan pangan pokok melalui Rumah Pangan Kita (RPK) yang ada di pemukiman masyarakat dan Toko Pangan Kita (TPK) di pasar-pasar tradisional.

"Kita menyiapkan dan mendistribusikan bahan pokok melalui RPK dan TPK, sesuai harga eceran tertinggi (HRT) yang ditetapkan pemerintah melalu Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor: 57 tahun 2017. (**)

Laporan: Rifat Arif

Editor: Munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos