Rycko Berpeluang Direkomendasi PKS

img
Bakal calon Walikota Bandarlampung Rycko Menoza (tengah) saat mengikuti pemaparan visi-misi di PKS. Foto: ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Bakal calon Walikota Bandarlampung Rycko Menoza berpeluang untuk diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS Bandarlampung, Aep Syarifudin mengatakan, saat ini rekomendasi masih digodok oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Selain hasil survei, menurut Aep, salah satu pertimbangan partai menjatuhkan dukungannya adalah bersedia mengusung kader internal.

“Kami masih tetap pada komitmen awal, akan mendukung yang mau menggandeng kader. Tapi bisa juga tidak seperti itu. Sebab rekomendasi ini adalah ranah DPP,” kata Aep kepada harianmomentum.com, Selasa (11-8-2020).

Aep menuturkan, pihaknya telah menyetorkan tiga nama beserta hasil survei tiga bacalonkada pada DPP. Ketiga nama: Rycko Menoza, Eva Dwiana, dan M Yusuf Kohar.

“Masih ada dua tahapan lagi di DPP (rapat di tingkat DPP) sampai rekomendasi selesai dan bisa kita umumkan ke publik,” ujarnya.

Aep tak menyangkal bahwa Rycko menjadi kandidat yang berpeluang mendapat rekomendasi partai. Sebab dari tiga bacalonkada, hanya Rycko yang belum memiliki wakil.

“Kami komunikasi dengan beliau (Rycko,re). Kalau beliau mau bersama kader, kemungkinan bisa (rekomendasi). Tapi ini kan ranah DPP. Jadi bisa iya, bisa juga tidak. Kita tunggu saja, mudah-mudahan di bulan ini rekomendasi selesai,” jelasnya.

Menurut Aep, saat ini kader PKS yang berpeluang maju sebagai wakil adalah Ade Utami Ibnu, Anggota DPRD Lampung. Sebab, Ade mendapat dukungan terbanyak dari para kader PKS untuk maju di Pilkada Bandarlampung.

Sebelumnya, DPD PKS Bandarlampung telah berkoordinasi dengan Ketua DPP PKS Wilda Sumbagsel Gufron Aziz pada Senin (10-8).

“Ada juga pembahasan soal siapa yang akan diusung saat berbincang dengan beliau. Tapi beliau pun belum tahu, siapa yang akan diusung sebab masih dalam pembahasan,” tutur Aep.

Baca juga: Tetap Optimistis Maju Pilwakot, Rycko Menoza Terus Berjuang

Sebelumnya, Rycko Menoza menyatakan membuka kesempatan untuk semua kader partai terbaik yang ingin menjadi wakilnya. Termasuk PKS.

“Insha Allah, dengan waktu yang ada akan kita lakukan lobi-lobi politik. Apalagi saya kan masih cair untuk calon wakil. Saat ini masih sangat mungkin untuk berpasangan dengan kader partai mana pun. Tapi soal wakil, tentunya saya pun menyerahkan keputusannya kepada partai (khususnya Golkar, red),” jelasnya, belum lama ini.

Diketahui, saat ini hanya PKS (enam kursi) dan Partai Gerindra (tujuh kursi) yang belum mendeklarasikan dukungannya terhadap bakal calon kepala daerah (bacalonkada) di Kota Bandarlampung.

Sementara delan partai lainnya, sudah menetapkan dukungan. Baik berupa surat tugas, maupun dalam bentuk rekomendasi.

Berikut peta dukungan partai politik terhadap bacalonkada di Bandarlampung:

M Yusuf Kohar – Tulus Purnomo : Partai Demokrat (lima kursi); PAN (enam kursi); PKB (tiga kursi); dan Perindo (dua kursi).

Eva Dwiana – Dedi Amrullah       : PDI-P (sembilan kursi) dan Nasdem (lima kursi).

Rycko Menoza - …?                    : Golkar (enam kursi) dan PPP (satu kursi).(**)

Laporan/Editor: Agung Chandra Widi






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos