Mapala Umitra Gelar Seminar Lingkungan Hidup

img
Seminar lingkungan hidup bertajuk "Bersama Mengenal Konservasi Alam" di Kampus Umitra Lampung.Foto:Agung Chandra Widi.

Harianmomentum.com--Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Umitra Lampung menggelar seminar lingkungan hidup bertajuk "Bersama Mengenal Konservasi Alam".

 

Kegiatan tersebut dilaksanakan di gedung serba guna (GSG) Kampus Umitra Lampung, Kamis (19/10).

 

Ketua Umum Mapala Umitra Lampung Yesi Merta mengatakan, acara ini bertujuan untuk lebih mengenalkan arti lingkungan hidup bagi masyarakat. "Biar tumbuh kesadaran kita untuk menjaga lingkungan," kata Yesi.

 

Acara tersebut diisi oleh pemateri dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) yaitu Kepala Seksi Konservasi Wilayah III BKSDA Bengkulu-Lampung Teguh Ismail dan Kepala Divisi Advokasi Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Provinsi Lampung Irvan Trimusri.

 

"Saat ini lingkungan kita sudah banyak yang tercemar. Hutan banyak yang ditebang sembarangan tanpa adanya proses rehabilitasi," kata Kepala Divisi Advokasi Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Provinsi Lampung Irvan Trimusri.

 

Bukan hanya itu, kata Irvan, air juga sudah tercemari. Banyak limbah pabrik dan limbah rumahan yang dibuang sembarangan.

 

"Air di sungai yang terlihat jernih juga sebenarnya sudah tercemar saat ini. Yang dirugikan adalah masyarakat sendiri," jelasnya.

 

Oleh karenanya, Irvan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk dapat mengerti tentang arti lingkungan secara luas.

 

"Kalau masyarakat sadar lingkungan, yang enak juga masyarakat," terangnya.

 

Kegiatan tersebut turut dihadiri Ketua Yayasan Umitra yang diwakili oleh Wakil Ketua III STIKES Umitra Affan Zaldi Erya, dokter hewan BKSDA drh Sugeng Dwi Hastomo dan pembina Mapala Mitra Lampung Heri kurniansyah.

 

Seminar itu dihadiri 100 peserta yang berasal dari mahasiswa Umitra, mahasiswa umum, siswa SMA, dan tamu undangan.(acw)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos