Antisipasi Banjir, BPBD Bersihkan Lumpur

img
Membersihkan lumpur di Kelurahan Pesawahan. Foto. Rifat/harianmomentum.com

MOMENTUM, Bandarlampung--Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandarlampung membersihkan lumpur di Kelurahan Pesawahan, Kecamatan Telukbetung Selatan.

Lumpur yang terbawa banjir akibat hujan semalam, Rabu (12-2-2020), menutup sejumlah badan jalan dan saluran air.

"Semalam pasca-hujan lebat selama beberapa jam sekitar pukul 21.00 sampai dini hari, Kelurahan Pesawahan mengalami kebanjiran dengan ketinggian air sekitar 30 cm," ungkap Sutarno, Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Bandarlampung, kepada harianmomentum.com, Kamis (13-2-2020).

Menurut Sutarno, banjir disebabkan tersumbatnya drainase oleh endapan lumpur dan tanah, sehingga air meluber ke perumahan warga.

Sebagai langkah pencegahan agar tidak terulang, BPBD menurunkan setidaknya 20 personel ke lokasi pasca banjir dan melakukan pengerukan endapan tanah dalam drainase bersama warga kelurahan setempat.

"Selain drainase, petugas juga membersihkan sisa lumpur di perumahan warga, semalam kan puluhan rumah terndam banjir," katanya.

Sutarno berpesan, agar masyarakat menjaga drainase mulai dari wilayah hulu hingga hilir di dataran rendah, karena banjir adalah tanggung jawab bersama, pemerintah maupun warga.

"Karena air kan sifatnya mengalir dari dataran tinggi ke dataran rendah, nah jika dari hulu drainase sudah bersih, air mengalir tidak tersumbat, maka Insyaallah banjir bisa diminimalisir," tambahnya. (*)

Laporan: Rifat Arif.

Editor: M Furqon.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos