PAN Tanggamus 'Pecah'

img
Ketua DPC PAN Kotaagung Barat Munzairi (memegang microfont), dan Ketua DPC Talangpadang, Husnan Sani (paling kiri), didampingi belasan ketua DPC lainnya dari Tanggamus. Foto: acw

MOMENTUM, Bandarlampung--Menjelang Musyawarah Wilayah (Muswil) Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Lampung ke V, gesekan di internal partai mulai terlihat. Khususnya di internal PAN Kabupaten Tanggamus.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Tanggamus Tedi Kurniawan menjadi salah satu kandidat calon formatur pada Muswil Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Lampung yang diagendakan pada 21 Juli 2020.

Namun, belasan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PAN di kabupaten setempat membelot. Bukannya mendukung Tedi, mereka malah mendukung Irham Jafar Lan Putra, sebagai calon formatur. Bahkan calon Ketua PAN Lampung periode 2020-2025.

“Sebenarnya, seluruh ketua DPC di Kabupaten Tanggamus ingin perubahan. Bukan hanya di DPD, tapi juga di DPW,” kata Munzairi, Ketua DPC Kotaagung Barat, Kabupaten Tanggamus.

Hal itu disampaikannya saat mendampingi Irham Jafar Lan Putra menyerahkan berkas pendaftaran formatur di Kantor DPW PAN Provinsi Lampung, Senin (13-7-2020).

Menurut Munzairi, selama lima tahun kepemimpinan Tedi di DPD PAN Tanggamus, jajaran DPC tidak pernah dilibatkan dalam urusan partai.

“Kami ingin perubahan di DPD Tanggamus. Selama ini kami pelaku di DPC, sebagai kader, tapi tidak pernah merasa sebagai kader partai. Sebab selama lima tahun, jangankan pertemuan, koordinasi saja kami tidak pernah tahu,” bebernya.

Melalui Muswil, dia berharap akan ada perubahan di tubuh partai kedepannya. Sebab, kata dia, bagaimana mau membesarkan partai, jika kader yang dibawah tidak pernah dihargai, tidak pernah dipakai dan tidak pernah dilibatkan.

“Itulah alasan kami mendukung bang Irham sebagai calon formatur,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Ketua DPC Talangpadang, Kabupaten Tanggamus, Husnan Sani. Dia pun menyatakan ingin adanya perubahan pada pola kepemimpinan partai di kabupaten setempat.

Husnan pun sempat menyatakan ketertarikannya terhadap Irham Jafar Lan Putra. Apalagi pasca pembacaan sambutan Irham di DPW PAN Lampung.

Saat itu, Irham menyatakan bahwa dia akan melaksanakan konsolidasi secara maksimal, jika kelak memimpin PAN Lampung.

“Kami ingin PAN lebih besar dari saat ini. Apa yang saudara (Irham Jafar, red) sampaikan tadi, soal konsolidasi, saya sangat sepakat. Hidup bang Irham,” serunya.

Baca juga: Penyerahan Berkas Formatur, Belasan DPD Kawal Irham Jafar

Terpisah, Ketua DPD PAN Tanggamus Tedi Kurniawan mengatakan tidak ada permasalahan di tubuh PAN Tanggamus. Kalau pun ada masalah sedikit, menurut dia itu hal biasa.

Bahkan kata Tedi, jika kepemimpinannya buruk selama menjabat Ketua PAN Tanggamus, tidak lah mungkin peraihan kursi legislatif bisa meningkat.

“Kursi PAN kan naik di Tanggmus, dari lima ke enam. Maka boleh saja mereka berpendapat, tapi kan faktanya PAN kursinya naik,” kata Tedi saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Senin sore (13-7).

Tedi pun menegaskan tetap akan maju sebagai calon formatur pada muswil mendatang. Meski pun tanpa dukungan dari beberapa DPC, di bawah jajarannya.

“Tidak apa apa. Partai ini kan memang harus demokrasi. Kita kan sama saja, tetap kader semua di partai ini. Mungkin mereka mau mendukung Pak Irham, tidak masalah. Kalau pun bukan mereka, mungkin nanti kader dari daerah lain yang akan mendukung saya (di muswil, red),” ungkapnya.

Meski begitu, Tedi menegaskan bahwa hubungannya dengan Irham tetap harmonis. Tidak ada perseteruan diantara mereka.

“Bang Irham kan senior kita juga. Bahkan dia mantan mahkamah patai, hubungan kita baik. Apalagi partai ini kan demokrasi. Jadi tidak ada masalah,” jelasnya.(**)

Laporan/Editor: Agung Chandra Widi






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos