Lawan Politik Zulhas Dicopot dari Jabatannya

img
Mulfachri Harahap (kiri) dan Ketum PAN Zulkifli Hasan . Foto: ist

MOMENTUM, Jakarta--Partai Amanat Nasional (PAN) mencopot Mulfachri Harahap dari jabatannya sebagai Wakil Ketua Komisi III DPR RI.

Mulfachri Harahap adalah lawan politik Ketua Umum (Ketum) PAN terpilih, Zulkifli Hasan (Zulhas) dalam ajang pemilihan ketum pada Kongres V PAN di Kendari, Februari 2020 lalu.

Kini, jabatan Wakil Ketua Komisi III DPR RI diembankan kepada Pangeran Khairul Saleh. Pelantikan Pangeran Khairul Saleh dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin, bertempat di ruang rapat Komisi III DPR, Senayan, Jakarta, Senin (6-4-2020).

Azis menjelaskan, rotasi alat kelengkapan dewan (AKD) Fraksi PAN tertuang dalam surat bernomor 01.027/K-S/FPAN/DPR RI/III/2020 tertanggal 27 Maret yang ditandatangani Ketua Fraksi PAN Hanafi Rais dan Sekretaris Fraksi PAN Ahmad Yohan.

Seusai membacakan surat penetapan Khairul sebagai Pimpinan Komisi III DPR, Azis melanjutkan sidang dengan menyerahkan palu sidang sebagai simbol disetujuinya keputusan pergantian pimpinan tersebut.

Ketua Komisi III Herman Herry dan Wakil Komisi III Ahmad Sahroni turut hadir dalam acara pelantikan itu.

Dilansir dari tirto.id, Sekretaris Fraksi PAN DPR RI Ahmad Yohan membantah bahwa rotasi tersebut diambil menyusul hasil Kongres PAN beberapa waktu lalu. Dia mengklaim dicopotnya Mulfachri sebagai bagian dari penyegaran organisasi di Fraksi PAN.

"Hal biasa, dalam rangka penyegaran," kata Yohan kepada wartawan, Senin (6-4-2020).

Menurut Yohan Ketua Fraksi PAN Hanafi Rais telah berkomunikasi dengan Mulfachri mengenai keputusan tersebut. Dia pun mengklaim bahwa Mulfachri tidak berkeberatan atas hal itu.

Yohan mengatakan, rotasi juga akan dilakukan di komisi-komisi lainnya, termasuk di alat kelengkapan dewan. Selain itu, rotasi tak cuma menyasar pada jabatan pimpinan tapi juga anggota.

"Setelah ini juga akan ada penyegaran di komisi dan alat kelengkapan lainnya baik di pimpinan mau pun anggota. Jadi prosesnya normal saja," kata Yohan.

Sebelumnya, pada Kongres V PAN di Kendari, Februari 2020 lalu, Zulkifli menang atas Mulfachri. Mulfachri saat itu maju dengan mendapatkan dukungan dari senior sekaligus pendiri PAN, Amien Rais.

Setelah terpilih kembali menjadi Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan langsung menggeser posisi Amien, senior sekaligus pendiri PAN. Zulhas tak lagi memercayai besannya itu menjadi Ketua Dewan Kehormatan PAN pada kepengurusan periode 2020-2025. Dia lebih memilih Soetrisno Bachir.(**)

Editor: Agung Chandra W






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos